Puting Susu Masuk Ke Dalam Payudara Penyebab Utama Kelenjar Payudara



Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara.Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.Meskipun jarang terjadi, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola (lingkaran cokelat di sekitar puting) juga bisa menyebabkan puting tenggelam atau menjorok ke dalam. Jika gejala ini muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa minggu, ada kemungkinan terjadi pengencangan kelenjar susu yang diakibatkan oleh terdesaknya sel tumor atau kanker.

Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit.
Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara.Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.Dari penyakit tumor payudara yang sifatnya ganas ini bisa menyebabkan sel-sel yang muncul dengan tidak normal di dalam payudara yang pda akhirnya bisa menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker payudara.Bila puting susu masuk ke dalam payudara,lakukan segera pengobatan kelenjar payudara,sebelum menjadi kanker yang lebih serius lagi :)